Telkom Siap Genjot Bisnis Data Center

Badung, CNBC Indonesia РDirektur Wholesale & International Service PT Telkom (Persero) Tbk, (Telkom), Bogi Witjaksono menyebut pihaknya akan mendorong bisnis data center di Indonesia. Pasalnya, ia melihat bisnis ini sangat potensial ke depan.

Telkom sendiri bukan pemain baru di bisnis data center. Bahkan anak usaha Telkom yakni PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) telah memiliki bisnis data center di luar negeri dengan tingkat okupansi mencapai 100%.

“Telin sudah bermain data center sejak lebih dari 10 tahun lalu, dan data center Telin di luar negeri lebih dari tiga data center dan okupansinya sekarang sudah hampir 100%. Sekarang baru kita bawa bisnis ini ke negara kita karena kita ingin membawa trafik dari luar, tapi trafik ini bisa masuk ke negara kita,” kata dia dalam Press Conference BATIC 2023, di The Westin Resort Nusa Dua Bali, Selasa (5/9/2023).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Sampai saat ini Telkom Group mengoperasikan sebanyak 29 data center. Di mana 3 diantaranya ada di Singapore, 1 Hong Kong, dan 1 Timor Leste.

Sementara itu Telkom melalui anak usaha NeutraDC Hyperscale Data Center juga telah menyusun rencana mengembangkan bisnis pusat data. Salah satunya dengan membangun infrastruktur pusat data berkapasitas 1,5 gigawatt di seluruh Indonesia hingga 2030.

Setelah di Batam dan Cikarang, pembangunan infrastrukturnya akan dilakukan di sejumlah lokasi di Indonesia, antara lain, di Manado, Surabaya, dan Jakarta. Adapun total, akan ada 25 kota, termasuk di Bali.

Di samping itu, melalui data center tersebut, Telkom menugaskan Telin untuk menjadi salah satu hub konektivitas di ASEAN.

“Dan kami memberikan tugas kepada Telin harus bisa menjadi salah satu hub konektivitas baik itu data, maupun pusat data, bagi minimal ASEAN,” ungkap dia.

Adapun dalam upaya mengembangkan bisnis data center tersebut, Telkom melalui Telin menggelar konferensi internasional Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2023 dengan tema “Unleashing the Innovation Wave, Enabling the Digital Tomorrow. Acara tahunan yang memasuki penyelenggaraan ke-8 ini digelar di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Indonesia, pada 5 hingga 8 September 2023.

BATIC 2023 menjadi salah satu ajang yang digelar Telkom, dalam mempercepat transformasi digital. Tidak hanya di kawasan domestik, tetapi juga di kancah internasional.

Lewat gelaran ini, Telkom bersama dengan perusahaan-perusahaan dalam negeri maupun luar negeri mencari peluang kerja sama, dan mengembangkan inovasi serta menguatkan layanan digital di masyarakat.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Penuh Inovasi, Begini Caranya Ikutan BATIC 2023

(dpu/dpu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *