Spesifikasi iPhone 15, USB Type-C Hingga Action Button


Jakarta, CNN Indonesia —

Apple resmi merilis iPhone 15 yang membawa sederet pembaruan, mulai dari USB Type-C hingga tombol action yang dapat dikustomisasi.

Port USB Type-C menjadi pembaruan yang paling mencolok dari iPhone 15. Dengan pembaruan ini, pengguna hanya perlu membawa satu kabel untuk mengisi daya Macbook, Airpods, iPad dan iPhone.

“USB C telah menjadi standar yang diterima secara universal, jadi kami menghadirkan USB C ke iPhone 15. USB C memungkinkan pengisian daya, mentransfer data, memutar audio dan video, dan sudah ada di produk Apple selama bertahun-tahun,”¬†ujar Kaiann Drance, VP iPhone Product Marketing dalam acara Apple Event, Rabu (13/9).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sekarang kabel yang sama dapat mengisi daya Mac, iPad, iPhone, dan bahkan Airpods Pro generasi kedua, yang telah diperbarui dengan konektor USB C,” sambungnya.

Port USB Type-C bahkan memungkinkan pengguna untuk melakukan reverse charging atau mengisi daya perangkat lain dengan iPhone

“Jika Air pods Anda kehabisan daya, Anda dapat mengisi daya Air pods atau bahkan Apple Watch langsung dari iPhone Anda,” tutur Kaiann.

Selain USB Type-C, Apple juga menghadirkan fitur Dynamic Island untuk semua model iPhone 15. Sebelumnya, fitur yang diperkenalkan Apple pada 2022 ini hanya tersedia untuk varian Pro.

Dynamic Island juga akan mendapatkan pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk melacak pengantaran pizza, gate keberangkatan di bandara, hingga melihat skor pertandingan sepak bola.

Pada bagian layar, iPhone 15 dibekali layar 6,1 inci, sedangkan iPhone 15 Plus memiliki layar 6,7 inci. Keduanya memiliki layar Super Retina XDR dengan kecerahan maksimal hingga 2.000 nits ketika berada di luar ruangan.

Layar ini diberi lapisan ceramic shield sebagai perlindungan yang juga anti air dan debu. Lapisan ini diklaim Apple lebih kuat dibandingkan lapisan pelindung di ponsel lain.

Pada bagian kamera, kedua varian ini mendapat pembaruan pada kamera utama. iPhone 15 dan iPhone 15 Plus kini dibekali kamera utama 48MP yang mempunyai kemampuan optical zoom 2x.

Performa pada ponsel ini ditopang olah chipset A16 Bionic yang sebelumnya digunakan untuk iPhone 14 Pro.

Apple juga menyematkan sejumlah fitur baru pada ponsel teranyarnya, salah satunya adalah fitur untuk kondisi darurat yang bernama “roadside assistance via satellite.”

Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk meminta pertolongan melalui satelit ketika mengalami masalah di jalan dan kehilangan sinyal.

Selain itu, Apple juga menyematkan teknologi Ultra Wideband generasi kedua yang meningkatkan akurasi pencarian lokasi. Dengan fitur ini pengguna dapat mencari lokasi pengguna lain yang membagikan lokasi dengan lebih mudah.

iPhone 15 Pro

Varian iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max hadir dengan bodi yang lebih kokoh dengan bahan titanium.

Kedua ponsel ini dibekali dengan chipset A17 Pro yang hadir dengan fabrikasi 3 nanometer. Chipset A17 Pro diklaim sebagai chipset fabrikasi 3 nanometer pertama yang ada di industri ponsel.

Chipset ini memiliki 19 miliar transistor yang digunakan untuk meningkatkan performa, efisiensi, serta beragam fitur yang dimiliki iPhone 15 Pro. Chipset ini bahkan mampu memboyong game konsol seperti Resident Evil Village dan Resident Evil 4 ke dalam ponsel.

Pada bagian kamera, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max memiliki lensa 48MP seperti iPhone 15, tetapi dengan lebih banyak zoom. iPhone 15 Pro menawarkan optical zoom 3x, sedangkan iPhone 15 Pro Max memiliki optical zoom hingga 5x.

Pengambilan video juga mengalami peningkatan dengan resolusi maksimal hingga 4K dan 60 fps.

iPhone 15 Pro juga disebut sebagai satu-satunya ponsel yang mendukung Academy Color Encoding System atau ACES.

“iPhone 15 Pro akan menjadi smartphone pertama di dunia yang mendukung Academy Color Encoding System atau ACES, sebuah standar global untuk alur kerja warna. Sehingga memudahkan para pembuat film untuk menggunakan iPhone dalam produksi mereka,” kata Greg Jozwiak, SVP Worldwide Marketing.

“Sistem kamera iPhone 15 Pro mendorong batas-batas apa yang dapat Anda tangkap dengan smartphone,” imbuhnya.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max juga dibekali dengan tombol action yang bisa dikustomisasi sebagai pengganti tombol silent. Tombol ini bisa melakukan banyak hal, mulai dari memulai voice note, membuka kamera atau aplikasi lain, atau memicu mode silent.

(loa/bmw)

[Gambas:Video CNN]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *