Orderan Ekspor UMKM Naik 4X Lipat dari Shopee 11.11 Big Sale

Jakarta, CNBC Indonesia – Di era digital, brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus berinovasi dan memanfaatkan peluang demi memperkuat eksistensi mereka. Apalagi di periode kampanye menuju akhir tahun ini, Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga 11 November jadi momen penting bagi konsumen untuk mengejar promo menarik. Hal ini tentunya dimanfaatkan betul oleh brand lokal dan UMKM untuk meraih peluang baru dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis yang lebih kokoh.

Hal itu terlihat dari adanya peningkatan pesanan ekspor mencapai lebih dari 4 kali lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale. Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh brand lokal dan UMKM di Shopee dalam memperkuat potensi yang merupakan langkah lanjutan guna menciptakan bisnis berkesinambungan.

Selain kampanye yang tengah berlangsung, hal ini terwujud dari dukungan berbagai program inisiatif, seperti Program Ekspor Shopee yang menjadi salah satu strategi memperluas bisnis ke pasar luar negeri.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

“Program Ekspor Shopee bukan hanya pintu gerbang membuka kesempatan baru, namun juga alat untuk memperkuat strategi bisnis. Tentunya para brand lokal dan UMKM akan kami bimbing melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor mengenai bagaimana memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, sambil mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi ke depannya. Kami harap melalui program inovatif yang Shopee hadirkan dapat dengan senantiasa membantu para brand lokal dan UMKM semakin maju,” lanjut Head of Marketing Growth Shopee Indonesia┬áMonica Vionna, dalam keterangan tertulis, Rabu (14/11/2023).

Brand lokal dan UMKM kini selalu berupaya merangkul dan mengikuti tren belanja konsumen agar memiliki peluang besar untuk pertumbuhan bisnis yang signifikan. Antusiasme partisipasi penjual lokal turut mendukung kampanye 11.11 Big Sale dalam menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori.

Hal ini terlihat dari peningkatan transaksi hingga 7 kali lipat dari brand lokal dan UMKM di puncak kampanye 11.11 dibandingkan hari biasa.

Tidak hanya itu, masyarakat juga terlihat semakin semangat berburu berbagai produk incaran lokal dan UMKM, khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang ternyata mendapat perhatian spesial di hati konsumen sepanjang kampanye berlangsung.

Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam mendorong perkembangan bisnis dan penetrasi pasar digital yang inklusif.

“Sebagai kampanye yang menawarkan promo terbesar akhir tahun, 11.11 Big Sale tidak hanya tentang berbelanja, tetapi juga menjadi bentuk dukungan Shopee untuk memberikan peluang dan eksposur lebih besar kepada merek dan produk-produk lokal. Tujuannya, mendorong para konsumen semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri seiring membantu brand lokal untuk dapat diterima seluruh masyarakat luas. Menariknya, di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini pun kami merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal dan UMKM dari ragam kategori yang dihadirkan. Hal ini menjadi aspek penyemangat kami untuk selalu memberikan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen,” kata dia.

Berkomitmen untuk menghubungkan pembeli dan penjual lebih dekat, ragam fitur seperti Shopee Live menawarkan solusi melalui interaksi dan komunikasi langsung secara real-time. Fitur ini memungkinkan pembeli bertanya tentang produk, bahkan melihat demonstrasi produk secara lebih jelas demi meningkatkan kepercayaan menjadi daya tarik tersendiri.

Antusiasme ini terlihat dari peningkatan jumlah sesi Shopee Live yang dihadirkan oleh brand lokal dan UMKM pada puncak kampanye hingga 6 kali lipat. Aspek ini semakin menunjukkan lewat live streaming kini telah menjadi wadah untuk penjual dalam membangun komunitas dengan para pelanggan.

Lebih dari itu, program lain yang semakin digemari oleh masyarakat yaitu Shopee Affiliate Program yang kini turut membantu penjual lebih efektif dalam memperluas jangkauan melalui kolaborasi bersama para kreator. Mendorong peningkatan eksistensi brand lokal sekaligus memberikan kemudahan untuk pengguna dalam berbagi inspirasi produk ternyata menjadi ladang baru untuk penghasilan tambahan. Di puncak kampanye 11.11 ini, semakin banyak penjual yang merasakan manfaat dan keuntungan dari program ini, di mana tercatat peningkatan jumlah produk dari brand lokal dan UMKM yang telah dipromosikan melalui Shopee Affiliate sebanyak lebih dari 9x lipat.

Tren Belanja Konsumen Terhadap Produk Lokal dari Berbagai Pulau di Indonesia

Semangat konsumen yang mendukung pertumbuhan bisnis lokal dan menghargai kreativitas serta kualitas produk-produk dari pelaku usaha lokal begitu terasa di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale. Tidak hanya sebagai momen untuk mencari promo terbesar akhir tahun yang memberi banyak keuntungan, namun juga menggambarkan bagaimana para penjual di berbagai pulau Indonesia bersaing menghadirkan produk terbaiknya di platform Shopee.

Maka dari itu, tak heran jika beberapa pulau Indonesia memiliki tren produk paling laris. Contohnya saja pulau Sumatera dimana Minyak Telon, Popok Bayi, dan Kaos Anak menjadi produk lokal dan UMKM yang paling banyak dibeli di puncak kampanye.

Berlanjut ke Pulau Jawa, produk Hand & Body Lotion dan Pelembab Wajah dari brand lokal menjadi incaran untuk tampil maksimal. Namun, pencarian produk Smartphone juga menjadi yang tertinggi di pulau ini.

Sementara di Pulau Bali produk Kebaya Bali, Kacamata Hitam, dan Sunscreen, menjadi produk paling ramai dicari untuk mempersiapkan dalam menyambut para turis lokal maupun luar negeri.

Di sisi lain untuk Kalimantan, produk kebutuhan seperti Jas Hujan, Jaket Pria & Wanita, serta Hoodie, jadi produk lokal dan UMKM paling laris di puncak kampanye 11.11. Terlihat pengguna sudah mempersiapkan perlengkapan untuk menyambut musim hujan akhir tahun.

Selain itu di Sulawesi juga memiliki banyak keberagaman dalam kebutuhan masyarakatnya. Temuan menarik dari perilaku belanja masyarakatnya, produk produk seperti Kipas Angin, Lampu Neon, serta Panci dan Wajan menjadi yang banyak dibeli di pulau Sulawesi.

Sedangkan Papua tak kalah mengejutkan dengan produk fashion seperti Celana Cargo, Jam Tangan Pria, Gelang Couple, dan Baju Couple menjadi produk favorit masyarakat. Masyarakat di pulau ini ternyata tetap up-to-date mengikuti tren, sehingga produk fesyen dan aksesoris menjadi incaran warga di sana.

Dampak Pemanfaatan Program & Fitur Shopee

Di sisi lain, keunggulan dan keuntungan program dan fitur yang dihadirkan selama 11.11 Big Sale berlangsung, menjadi kekuatan yang saling menguntungkan antara Shopee dan penjual. Salah satunya, dampak positif yang dirasakan bagi mitra brand lokal Benang Jarum dan NAMA Beauty.

Bukan hanya produknya yang mumpuni, namun para mitra brand lokal ini merasakan antusiasme yang luar biasa dari pengguna saat memanfaatkan promo spesial khususnya pada puncak kampanye 11.11 Big Sale pada Sabtu kemarin. Dapat dilihat bagaimana brand fesyen lokal, Benang Jarum berhasil mencatatkan peningkatan transaksi hingga lebih dari 93 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Telah bergabung bersama Shopee sejak tahun 2020, sang pemilik brand Allyssa Hawadi, Co-Founder Benang Jarum mengungkapkan menjadi bagian dari kemeriahan 11.11 Big Sale merupakan salah satu strategi efektif.

“Kami senang bisa tumbuh bersama dan merasakan atmosfer positif dari para pengguna Shopee untuk brand kami sejak awal bergabung. Sebagai pelaku usaha di bidang fesyen, kolaborasi ini bukan hanya membuka kesempatan bagi pertumbuhan bisnis kami hingga saat ini, tetapi juga menciptakan peluang berkelanjutan sehingga brand lokal semakin diakui dan dikenal masyarakat luas. Kami harap ke depannya Shopee akan selalu menghadirkan inovasi untuk mendukung kami mencapai kesuksesan bersama,” kata dia.

Termasuk dalam kategori yang mendapatkan antusias tinggi, brand kecantikan NAMA Beauty juga merasakan pencapaian yang luar biasa. Berpartisipasi dalam Shopee 11.11 Big Sale dan memanfaatkan fitur yang dihadirkan sepanjang kampanye berlangsung, NAMA berhasil mencatatkan peningkatan lebih dari 64 kali lipat produk terjual dibandingkan hari biasa. Bahkan produk Nama Beauty x Mami Louisee yaitu bundle toner menjadi salah satu best-selling produk lokal di 11.11 kali ini.

Berbagai tren yang terlihat di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale baik dalam pengaplikasian strategi bisnis para pelaku usaha lokal di Shopee maupun tren dan perilaku belanja online pengguna setia menjadi dasar dan landasan bagi Shopee untuk terus berinovasi. Pengguna dapat menikmati berbagai penawaran terbaik hingga akhir tahun untuk mendapatkan pengalaman belanja yang nyaman dan menguntungkan.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Komit Garap Ekspor, Shopee Resmikan Gudang Baru di Cengkareng

(rah/rah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *