Menkominfo Minta Mahasiswa di India Pulang Usai Pendidikan Selesai


Jakarta, CNN Indonesia —

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi meminta mahasiswa Indonesia di India pulang setelah menyelesaikan pendidikannya. Menurutnya, lapangan kerja di Indonesia masih terbuka lebar dan banyak perusahaan yang membutuhkan talenta di bidang teknologi.

Demikian disampaikan Budi bersama istrinya Dina Budi Arie kepada perwakilan mahasiswa Indonesia yang sedang menimba ilmu di “Sillicon Valley-nya India” dan perwakilan Start-up Indonesia di India.

Budi Arie bersama istri menemui mereka saat Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Bidang Digital G20 (G20 Digital Economy Ministers’ Meeting / DEMM) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Bengaluru, India beberapa waktu lalu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

“Jadi setelah selesai pendidikan, pulanglah kembali ke Indonesia nantinya. Buat teman-teman yang mendapatkan beasiswa Kominfo, harus lulus tepat waktu, semangat terus kembali ke Indonesia. Tularkan ilmu yang sudah kalian dapat di India,” ujar Budi beberapa waktu lalu.

Budi mengatakan, pemerintah terus berupaya mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di seluruh penjuru Nusantara. Hal ini guna memperkecil kesenjangan digital.

Kemudian, pemerintah juga terus berupaya memajukan kedaulatan digital bangsa. Untuk itu, dibutuhkan talenta-talenta muda yang memiliki keahlian di bidang teknologi. Tujuannya agar dapat membawa perubahan positif sekaligus mendukung perwujudan Visi Indonesia Maju 2045.

Menurut Budi, apa yang tengah dilakukan pemerintah selaras dengan pembahasan tiga isu prioritas yang dirundingkan oleh para negara anggota G20 dalam forum Kelompok Kerja Ekonomi Digital G20 (G20 Digital Economy Working Group / DEWG) Tahun 2023 dalam serangkaian pertemuan di India.

“Pembahasan dalam Pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG) kali ini terkait dengan teknologi, yang terdiri dari tiga isu prioritas, yaitu Digital Public Infrastructure, Security in Digital Economy, dan Digital Skilling,” kata Budi.

Dalam kesempatan yang sama, Ibu Dina Budi Arie menyatakan pelajar Indonesia di India merupakan salah satu pemilik masa depan Indonesia 2045. Oleh karena itu, Ibu Dina Budi Arie mengajak generasi muda Indonesia yang tengah mengenyam pendidikan di India untuk nantinya bisa kembali pulang ke tanah air guna membangun masa depan Indonesia maju.

“Pengetahuan dan kemampuan teman-teman yang akan membuat negara kita tidak ketinggalan dengan negara-negara lain, mudah-mudahan transfer knowledge dan teknologi dari teman-teman, bisa mendorong kreativitas anak muda untuk berkembang di negeri sendiri,” ujar Dina.

Di samping menemui para mahasiswa, Menteri Budi dan Ibu Dina turut menemui perwakilan perusahaan-perusahaan rintisan/start-up yang sedang menghadiri G20 Digital Innovation Alliance 2023 (DIA).

Salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Presidensi G20 India tahun 2023 dan merupakan terusan dari G20 Digital Innovation Network (DIN) yang diinisiasi Indonesia tahun lalu.

“Saya lihat ada beberapa teman start-up¬†yang jauh-jauh datang dari Indonesia untuk mengikuti G20 Digital Innovation Alliance. Saya berharap teman-teman dapat menunjukkan kemajuan Indonesia dalam pengembangan teknologi digital sekaligus unjuk kebolehan pemecahan masalah dengan solusi berbasis teknologi digital,” tuturnya.

(inh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *