Komit Perkuat Layanan, Komunal Masuk Top 3 Finalis ABA 2023

Jakarta, CNBC Indonesia РKomunal berhasil masuk sebagai Top 3 Finalis dengan kategori Investasi Inovatif (Innovative Investment) di ASEAN Business Award (ABA) 2023. Ajang yang diinisiasi ASEAN Business Advisory Council (BAC) ini bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan kemajuan budaya di kawasan ASEAN.

Co-Founder & CEO Komunal, Hendry Lieviant, mengaku bangga atas apresiasi yang diberikan kepada Komunal pada ajang ABA 2023.

“Pencapaian ini semakin memperkuat komitmen Komunal, termasuk DepositoBPR by Komunal dalam memberikan layanan inovatif terbaik yang memudahkan masyarakat mengakses produk deposito BPR,” kata dia dalam siaran pers, Kamis (21/9/2023).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Dia menegaskan komitmen untuk memberikan layanan prima kepada deposan juga sejalan dengan semangat Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September setiap tahunnya. Menurut dia, peringatan Hari Pelanggan Nasional merupakan manifestasi Komunal dalam berupaya memberikan pelayanan optimal, khususnya melalui DepositoBRP by Komunal kepada seluruh deposan.

Hendry juga menjelaskan peran Komunal sebagai neo rural bank. Di mana selain bermitra dengan berbagai BPR di Indonesia, Komunal mengintegrasi inovasi digital terkini dengan kehadiran fisik kuat di daerah, bukan hanya diakui di Indonesia tetapi juga oleh negara-negara ASEAN.

“Apresiasi yang kini diakui hingga level Regional ASEAN menjadi motivasi bagi DepositoBPR by Komunal untuk terus menggalang kerja sama dengan BPR di seluruh Indonesia yang fokus melayani UMKM produktif,” terang Hendry.

Sementara itu, Head of Marketing Komunal, Vera Rosana, menjelaskan, Komunal akan terus memperluas dan mempermudah akses masyarakat berinvestasi di deposito BPR yang menawarkan suku bunga tinggi kepada masyarakat di Indonesia.

“Tanpa tatap muka serta paperless, sekaligus aman dan terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS),” ujar dia.

Lebih jauh Vera mengatakan, kehadiran DepositoBPR by Komunal juga menjadi komitmen Komunal untuk ikut berkontribusi memberdayakan UMKM melalui dukungan dana investasi Deposan di BPR yang kemudian disalurkan ke sektor UMKM produktif.

“Langkah ini tentunya sejalan dengan upaya ASEAN Business Advisory Council (BAC) sebagai penyelenggara ABA 2023 untuk lebih memberdayakan UMKM di Asia Tenggara yang jumlahnya mencapai 72,667 juta UMKM, berdasarkan data ASEAN Investment Report 2022,” kata dia.

Vera juga menegaskan, Komunal, khususnya melalui entitas DepositoBPR by Komunal, terus mendukung upaya ASEAN BAC untuk meningkatkan pertumbuhan secara cepat, inklusif, dan berkelanjutan di kawasan ASEAN.

“Bersama-sama seluruh entitas bisnis di kawasan ini, Komunal akan turut berkontribusi dengan mendorong pemberdayaan UMKM produktif di Indonesia, yang berdasarkan data ASEAN Investment Report 2022 jumlahnya mencapai 65,465 juta UMKM,” papar Vera.

Sebagai infromasi, ASEAN BAC berfokus terhadap lima prioritas, yaitu Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Kesehatan, Ketahanan Pangan, dan Fasilitas Perdagangan.

Adapun ABA 2023 menawarkan 8 pilar penghargaan, terdiri dari 5 pilar yang dikhususkan untuk perusahaan besar dan UMKM, sementara 3 pilar yang lainnya adalah untuk kategori individual.

Lima pilar bagi perusahaan dan UMKM terdiri dari pilar Transformasi Digital, Pembangunan Berkelanjutan, Ketahanan Pangan, Ketahanan Kesehatan dan Fasilitas Perdagangan dan Investasi. Sedangkan pada kategori individual, ada 3 pilar penghargaan yaitu Women, Youth, dan Friends of ASEAN.

Ketua ASEAN BAC Arsjad Rasjid menyebut secara total tersedia 13 kategori penghargaan pada berbagai sektor dan bidang.

“ABA 2023 bukan sekadar ajang penghargaan, tetapi juga menjadi ekspresi konkret komitmen dan dukungan industri, UMKM, serta individu terhadap kemajuan, inovasi juga visi inklusivitas, sentralitas dan pertumbuhan berkelanjutan di kawasan ini,” ungkap dia.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


UMKM Kini Bisa Akses Modal dari 250 BPR, Sudah Tahu?

(dpu/dpu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *