Komit Garap Ekspor, Shopee Resmikan Gudang Baru di Cengkareng

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Shopee Indonesia menghadirkan Gudang Ekspor Baruuntuk memfasilitasi lebih banyak produk UMKM yang akan di ekspor melalui Program Ekspor Shopee.

Tidak tanggung-tanggung, gudang baru ini pun telah diresmikan oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan.

Seperti diketahui, saat ini sudah lebih dari 20 juta produk UMKM lokal yang telah tergabung dalam program ekspor melalui mekanisme lintas batas dan menembus ke kawasan Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mendukung UMKM lokal untuk berdaya saing global dan menjadi bagian dari rantai pasok dunia.

“Saya berterima kasih kepada Shopee atas perannya sebagai penyambung bagi penjual. Melalui e-commerce seperti Shopee, Penjual dapat terhubung langsung kepada pembeli. Shopee membantu UMKM kita agar punya akses pasar, tidak hanya kepada Pembeli dari Jawa Barat, Solo dan Jakarta, tapi bayangkan saja, ini akses pasarnya sampai ke Malaysia sampai ke Thailand, dengan sistem e-commerce sekarang. Jadi inilah yang harus ditata agar e-commerce terus berkembang, bisa mendukung UMKM agar bisa ekspor. Kalau gudangnya tambah besar, untungnya tambah banyak, pegawainya tambah banyak, artinya kita sama-sama berhasil. Maka perlu kerja sama. Terima kasih sekali lagi saya ucapkan,” ungkap Zulkifli di Gudang Ekspor Shopee terbaru di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (29/8/2023).

Sementara itu, Director and Country Head Sea Group Indonesia, Kiky Hapsari menjelaskan, sebagai perusahaan teknologi, Sea Group, melalui Shopee Indonesia, merasa bangga dapat berpartisipasi aktif sebagai enabler dari perkembangan bisnis UMKM lokal menjangkau pasar global.

“Gudang ini merupakan infrastruktur penunjang dari program Ekspor yang sudah dijalankan oleh Shopee saat ini. Tadi kita bisa lihat bagaimana mudahnya proses ekspor melalui Shopee. Kami juga bangga menyampaikan ada 20 juta produk UMKM lokal yang tersedia di pasar di Asia Tenggara, Asia Timur dan Amerika Latin,” kata Kiky.

Sekadar informasi, program Ekspor Shopee memberikan kemudahan bagi UMKM lokal untuk melakukan ekspor. Setelah mendapatkan pesanan dari pembeli di negara lain, pelaku UMKM hanya perlu mengirimkan produk mereka ke Gudang Ekspor Shopee karena proses dan operasional manajemen produk pengiriman akan dilakukan oleh Shopee ke negara tujuan ekspor.

Proses yang dilakukan dalam Gudang Ekspor Shopee meliputi Area Penerimaan Barang untuk Diekspor (Export Inbound Line, Inbound Area, X-Ray Area dan Label Area), Area Pengumpulan (Sorting Area, Bagging Area dan Staging Area Export), Area Pengiriman Barang untuk Diekspor (Export Outbound Line).

Peresmian gudang ekspor Shopee akan melengkapi program dan komitmen Shopee dalam membawa UMKM lokal ke pasar global, termasuk kolaborasi penguatan UMKM Ekspor, program ‘Bimbel Shopee Ekspor’, dan pendaftaran program Ekspor Shopee & Kampus UMKM Shopee¬†melalui kanal Shopee Pilih Lokal.

Ketiga program ini menjadi tambahan dari program lain yang telah berjalan yakni program pelatihan dan pendampingan UMKM secara online, Bimbel Shopee, one-stop facility pelatihan dan penunjang, Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor, kemudahan ekspor ke berbagai negara, Program Ekspor Shopee, dan juga kampanye tematik khusus dengan promo spesial di setiap tanggal 17 bagi produk UMKM, Bazaar Shopee Pilih Lokal.

Shopee juga terus berusaha untuk menghadirkan solusi lengkap dari hulu hingga hilir untuk menciptakan UMKM lokal berdaya saing global.

Untuk meningkatkan visibilitas produk UMKM dan meningkatkan jumlah konversi penjualan, Shopee memberikan promo menarik bagi pembeli setiap tanggal 17 dan juga menampilkan produk-produk UMKM lokal di laman utama aplikasi Shopee melalui kanal Shopee Pilih Lokal.

“Kami berharap dengan kehadiran fasilitas baru ini dapat mempermudah lebih banyak UMKM lokal untuk bisa mengibarkan bendera Merah Putih di panggung dunia. Sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM, kami ingin terus membawa yang terbaik dari Indonesia ke panggung dunia,” pungkas Kiky.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Cara Induk Shopee Cetak Laba, Ganti Teh Murah & Tisu WC Tipis

(dpu/dpu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *