Cara Mengunci Chat WA Demi Keamanan Rahasia Anda


Jakarta, CNN Indonesia —

Aplikasi pesan singkat, WhatsApp kini memiliki fitur gembok atau mengunci ruang obrolan atau chat room agar tak bisa dibajak oleh pihak lain.

Sebagian pengguna WhatsApp kerap meninggalkan ponsel tidak dalam kondisi terkunci atau masih dalam tampilan pesan WhatsApp. Praktis, orang di dekat pengguna bisa melihat isi pesan atau justru mengirimkan pesan kepada orang di kontak.

Kini, pengguna WhatsApp tak perlu khawatir karena perusahaan menyediakan fitur terbaru yaitu mengunci chat room. Meski begitu, WhatsApp sebelumnya juga sudah memberikan fitur untuk mengunci aplikasi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kini, WhatsApp memberikan fitur kunci obrolan. Jika Anda tak ingin orang tahu isi pesan dengan pasangan maupun kolega bisnis, maka kolom chat itu bisa dikunci baik dengan kata sandi maupun biometrik seperti deteksi wajah dan sidik jari.

Untuk membaca atau mengirim pesan, Anda harus membuka kunci obrolan menggunakan autentikasi perangkat. Obrolan ini akan disimpan terpisah dari obrolan Anda yang lain, yaitu dalam folder Obrolan Terkunci.

Ketika obrolan itu dikunci, konten notifikasi dan kontak akan disembunyikan. Notifikasi akan ditampilkan ‘1 pesan baru WhatsApp’.

Untuk membantu menjaga kerahasiaan media, Anda harus menonaktifkan kunci obrolan untuk menyimpan media ke galeri ponsel.

Kendati demikian, fitur ini tak berlaku jika ada panggilan dari kontak yang Anda kunci. Panggilan dari kontak atau grup obrolan yang dikunci akan tetap muncul.

Cara mengaktifkan fitur kunci pesan chat di WhatsApp

РKetuk (tap) Info obrolan > Kunci obrolan (Chat).

– Ketuk Kunci obrolan dan akan ada pilihan dengan sidik jari atau Kunci Obrolan Ini dengan Face ID

– Ketuk Lihat untuk melihat obrolan di folder Obrolan terkunci.

Pengguna dapat menonaktifkan atau mengaktifkan kunci obrolan di dalam info obrolan untuk setiap obrolan yang ingin Anda kunci.

Jika Anda belum mengatur autentikasi perangkat seperti kode sandi ponsel, sidik jari, atau ID Wajah, Anda akan diminta untuk mengaturnya sebelum mengunci obrolan.

Melihat obrolan yang dikunci

Anda dapat melihat obrolan terkunci di folder Obrolan terkunci di deretas atas setelah kolom arsip pesan. Berikut cara melihat obrolan yang terkunci:

– Buka tab Obrolan dan usap ke bawah.

– Ketuk folder Obrolan terkunci.

– Konfirmasikan Face ID Anda atau sentuh sensor sidik jari untuk membuka kunci.

– Ketuk obrolan untuk melihat atau mengirim pesan.

[Gambas:Video CNN]

(can/dmi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *